Teheran, LiputanIslam.com — Pemimpin Revolusi Republik Islam Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei mengecam keras eksekusi yang dilakukan Arab Saudi terhadap Syaikh Nimr Baqir al-Nimr. Ia menilai, seluruh dunia perlu bertindak untuk menghadapi hal ini, juga terhadap kejahatan-kejahatan yang dilakukan rezim Saudi kepada Yaman dan Bahrain.

“Tidak diragukan lagi, menumpahkan darah martir yang tidak bersalah ini akan memiliki efek yang cepat. Pembalasan dari Illahi akan datang bagi politisi Arab,” ujar Khamenei.

Khamenei menyebut eksekusi terhadap Syaikh Nimr adalah kesalahan politik rezim Saudi. Ia juga menekankan, bahwa Allah Yang Maha Kuasa tidak akan membiarkan begitu saja darah hamba-Nya yang tak bersalah. Menurutnya, pembalasan akan datang dengan cepat menimpa para politisi Saudi.

Khamenei juga mengecam bungkamnya pihak-pihak yang selama ini mengaku sebagai pendukung kebebasan, demokrasi dan hak asasi manusia. Apalagi, mereka malah mendukung rezim Saudi yang telah membunuh seorang yang tak bersalah, yang hanya melakukan suatu kritik.

“Seluruh dunia, dan dunia Muslim pada khususnya harus ikut merasa bertanggung jawab terhadap masalah ini.”

Khamenei menambahkan bahwa Syaikh Nimr bukanlah orang yang mengangkat senjata, atau menghasut masyarakat untuk mengangkat senjata dan melakukan makar. Satu-satunya yang ia lakukan adalah mengritik, dan menyeru untuk berbuat yang baik sesuai dengan nilai-nilai agama.

Khamenei mencatat bahwa kejahatan rezim Saudi lainnya adalah menyiksa rakyat Bahrain, menghancurkan masjid dan rumah-rumah rakyat Yaman selama 10 bulan terakhir.

“Siapapun yang peduli pada kemanusiaan, hak asasi dan keadilan, harus menindaklanjuti masalah tersebut. Tidak boleh bersikap acuh tak acuh melihat situasi ini,” tegasnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL