Tunis,LiputanIslam.com—Hasil survei yang dikeluarkan oleh Global Gender Gap Index menyebutkan bahwa Tunisia adalah negara terbaik di Timur Tengah dan Afrika Utara dalam hal kesetaraan Jender. Negara ini menempati posisi ke-117 dari 144 negara yang masuk dalam daftar survei.

Laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Forum Ekonomi Dunia juga mengatakan bahwa selama lebih dari satu dekade, kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di Tunisia dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, politik, dan pekerjaan benar-benar terjadi.

Meski begitu, kesetaraan jender di Tunisia sudah mulai membaik. Tunisia berhasil bergerak dari angka 0.651 menuju 0.629 (angka satu menunjukkan bahwa kesenjangan jender masih begitu besar). Karena inilah, Tunisia sekarang mengungguli negara-negara Arab lainnya.

Sementara itu, Uni Emirat Arab berada pada posisi ke-120, Bahrain ke-126, Algeria ke-127, Mesir ke-134. Sedangkan Maroko berada di posisi ke-136, diikuti oleh Lebanon di posisi ke-137, dan terakhir Arab Saudi di posisi ke-138.

Berdasarkan atas laporan tersebut, wilayah MENA (singkatan untuk Timur Tengah dan Afrika Utara) merupakan wilayah dengan tingkat kesenjangan jender terendah, yaitu sekitar 40 persen.

“Ketimpangan jender telah menenggelamkan bakat serta kemampuan penting yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi tantangan dan kekuataan yang mengganggu di masa depan,” ucap Klaus Schwab, pendiri sekaligus ketua eksekutif Forum Ekonomi Dunia.

Ia mengatakan bahwa butuh waktu 217 tahun untuk mewujudkan kesetaraan jender yang sempurna antara laki-laki dan perempuan.(fd/middleeast)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL