Islamabad,LiputanIslam.com-Media-media Pakistan melaporkan, pihak keamanan negara ini memperingatkan perihal kepulangan anggota ISIS dari Suriah ke Pakistan dan Afghanistan. Kepulangan mereka bisa menjadi alarm bahaya baru bagi Pakistan.

Beberapa tahun lalu, dikabarkan bahwa sejumlah kelompok di Pakistan telah bergabung dengan ISIS di Suriah. Kabar ini dikonfirmasi oleh sejumlah sumber resmi Pakistan.

Kini, lantaran ISIS semakin terdesak di Suriah, orang-orang Pakistan atau Afghanistan yang bergabung dengan kelompok teroris, mulai kembali ke negara mereka. Pihak keamanan Pakistan mengaku, mereka mengendalikan situasi dan mengawasi semua hal yang mencurigakan.

Dalam dua tahun terakhir, media-media Pakistan memberitakan soal aktifitas ISIS di negara ini dan upayanya untuk merekrut pendukung.

Para pejabat resmi Pakistan praktis tidak membantah kehadiran ISIS di negara ini. Namun mereka mengklaim bahwa kehadiran ISIS di Pakistan ‘tidak terorganisasi.’

Beberapa bulan lalu, Jenderal Rahil Sharif, mantan panglima tentara Pakistan, mengeluarkan pernyataan sebelum ia pensiun. Menurutnya, bahkan bayangan ISIS sekalipun tak akan dibiarkan memasuki tanah Pakistan.

Alhasil, kehadiran terorganisasi ISIS di Afghanistan adalah ancaman bagi Pakistan dan negara-negara tetangga. Khusus bagi Pakistan, ancaman ini lebih besar, sebab tidak ada kontrol memadai di perbatasan panjang Pakistan-Afghanistan. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL