barack obamaWashington, LiputanIslam.com — Ketika sedang melontarkan kritiknya atas kebijakan Rusia di Suriah, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kepleset lidah. Hal ini membuat para pemirsa bertanya-tanya, apakah Obama mengetahui bahwa ISIS dan Daesh adalah organisasi teroris yang sama?

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Obama berkata, “Dan jika Rusia mengerahkan daya (untuk menyerang) Daesh dan ISIS, maka hal ini akan berpotensi mengakibatkan eskalasi konflik.”

Pernyataan Obama ini akhirnya menjadi bahan olok-olok di media sosial. “Apa? Tidakkah Obama menyadari bahwa Daesh dan ISIS itu adalah teroris yang sama. Obama berujar seolah-olah Daesh dan ISIS adalah kelompok yang berbeda…”

Kelompok teroris yang mengangkat Abu Bakar al-Baghdadi sebagai Khalifah ini memiliki beberapa sebutan. Media menyebut kelompok ini sebagai ‘ISIS’, ‘ISIL’, ‘IS’, dan ‘Daesh’.

Sebelumnya, Obama juga pernah kepleset lidah. Ia mengaku bahwa AS melatih ISIS. Diberitakan RT, Rabu (8/7/2015), pernyataan Obama itu disampaikan setelah mendapatkan penjelasan dari para pejabat keamanan soal upaya AS dalam mengalahkan ISIS, salah satunya adalah memberikan pelatihan bagi kelompok pemberontak yang dianggap ‘moderat’ di Suriah.

Namun dalam konferensi pers, Obama mengatakan, “Kami meningkatkan pelatihan pasukan ISIS termasuk relawan dari suku Sunni di Provinsi Anbar.”

Obama seperti tidak sadar telah mengucapkan kalimat yang salah dan melanjutkan perkataannya. Namun pihak Gedung Putih sepertinya menyadari kesalahan kalimat itu dan melakukan perbaikan dalam transkrip resmi di situs pemerintah.

Dalam transkrip tersebut, kalimat Obama ditambahi kata dalam kurung “Iraqi” atau warga Irak. Namun inisiatif Gedung Putih ini juga terasa aneh dan tidak memperbaiki keadaan. Kalimat “Pelatihan pasukan ISIL (warga Irak)” bermakna seolah AS melatih pasukan ISIL yang berada di Irak

Kesalahan Obama dan perbaikannya dalam transkrip yang janggal memicu kehebohan di media sosial. Beberapa mengatakan bahwa ini adalah Freudian slip, yaitu tidak sengaja mengatakan hal-hal yang terpendam di alam bawah sadar yang biasanya merupakan kejujuran. Artinya, Obama mengakui bahwa mereka telah melatih ISIS. (ba)

Berikut videonya:

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL