AbuDhabi,LiputanIslam.com-Normalisasi hubungan Rezim Zionis dengan negara-negara Arab, khususnya UEA, telah mencapai perkembangan signifikan, sampai-sampai UEA mengizinkan pengibaran bendera dan pengumandangan lagu kebangsaan Israel di wilayahnya.

Menurut laporan al-Akhbar, kedekatan Israel dan negara-negara Arab begitu ‘mencengangkan,’ bahkan Benyamin Netanyahu sendiri mengaku, dia tidak pernah membayangkan hubungan kedua pihak bisa sampai ke level ini. Normalisasi hubungan ini telah meliputi bidang politik, keamanan, ekonomi, dan bahkan olahraga. Tak seperti dahulu, kini normalisasi hubungan tersebut tak lagi bergantung pada hal-hal lain.

Di bidang olahraga, tekanan federasi-federasi olahraga internasional atas UEA, terutama federasi internasional judo, membuat Abu Dhabi mengizinkan bendera Israel dikibarkan dan lagu kebangsaaannya dikumandangkan di wilayah UEA.

Keputusan UEA ini membuat Israel leluasa untuk mengibarkan benderanya di semua tempat yang terkait dengan “kompetisi judo”di Abu Dhabi. Bahkan ini juga meliputi tempat-tempat penyelenggaraan lomba, papan pengumuman hasil pertandingan, dan kostum para atlet.

Sebelum ini, para atlet Israel memang diizinkan memasuki UEA saat mengikuti pertandingan internasional. Namun jika mereka meraih medali, yang akan dikibarkan bukan bendera Israel, tapi bendera federasi olahraga terkait dan lagu mars federasi tersebut.

Namun kini, Miri Regev (menteri kebudayaan Israel) bisa membanggakan berkibarnya bendera Israel di UEA. Tokoh radikal Israel dan penentang Arab-Palestina ini mengatakan,”UEA telah setuju menjamu para atlet Israel sesuai persyaratan dari Tel Aviv.”

Sekarang, jika seorang atlet judo Israel mendapat medali dalam pertandingan di Abu Dhabi, bendera Rezim Zionis akan berkibar dan lagu kebangsaannya akan dikumandangkan melalui pengeras-pengeras suara. (af/yjc)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*