Islamabad,LiputanIslam.comRai al-Youm menilai, bukan hanya Saudi dan UEA yang sangat mencemaskan kemenangan Imran Khan dalam pemilu legislatif Pakistan, tapi juga AS, Inggris, dan negara-negara Eropa lain. Alasannya adalah penentangan Khan terhadap kebijakan AS di Timteng dan dukungannya untuk Palestina.

“Para pejabat Saudi mengkhawatirkan kekalahan Nawaz Sharif (mantan PM Pakistan) dan kemenangan rival terberatnya, Imran Khan (mantan pemain kriket), yang tak begitu bersahabat dengan Riyadh,”tulis Rai al-Youm dalam headline-nya.

Saat ini, Sharif berada di balik jeruji besi, sebagaimana halnya Najib Abdurrazak (mantan PM Malaysia sekaligus sekutu Saudi) yang dipenjara atas dakwaan korupsi. Saat Mahathir Mohamad berkuasa, dia segera memerintahkan agar Malaysia keluar dari koalisi Saudi di perang Yaman. Khan juga diprediksi akan melakukan hal serupa dan keluar dari koalisi yang dibentuk Saudi pada 2015 lalu untuk mengagresi Yaman.

Benar bahwa Khan adalah lulusan Universitas Oxford jurusan ekonomi pada 1995 lalu; benar bahwa dia yang memenangkan Pakistan dalam kejuaraan dunia kriket pada 1992; benar bahwa partai-partai rivalnya mencurigai kemenangan partai Khan disebabkan intervensi militer Pakistan, namun harus dikatakan bahwa dia dicintai rakyat karena programnya untuk menegakkan keadilan bagi Pakistan, dengan cara mewujudkan sistem pengadilan independen, penghormatan terhadap HAM, superioritas hukum, dan pembasmian korupsi.

Jika Saudi dan UEA mencemaskan kemenangan Khan, kekhawatiran AS, Inggris, dan Eropa lebih besar lagi, sebab dia menentang kebijakan Barat di Timteng dan mendukung norma-norma Palestina.

“Wajar jika petinggi Saudi dan UEA, juga Trump, cemas atas kemenangan Khan, sebab tak seperti pendahulunya, dia tidak akan menjadi ‘mainan’ mereka. Bisa jadi Pakistan akan kembali muncul sebagai kekuatan nuklir di kawasan; peran yang sebelum ini hilang di masa para pendahulunya, termasuk Sharif. Tentu saja, kita masih harus menunggu,”pungkas Rai al-Youm. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*