Brussels,LiputanIslam.com-Dalam rangka memrotes bungkamnya negara-negara Eropa terhadap kejahatan Rezim Zionis, para aktivis HAM Belgia menaruh sepasang sepatu untuk setiap warga Palestina yang gugur dalam satu dekade terakhir.

Menurut laporan Euro News, langkah ini dilakukan sebuah kelompok pembela HAM bernama “Avaaz” di Jean Rey Square, Brussels, yang terletak dekat pusat perkumpulan para menlu Uni Eropa (UE).

Hanya dalam waktu seminggu, hingga kini sebanyak 4500 pasang sepatu telah dikumpulkan dari seluruh penjuru Eropa.

Dalam statemen Avaaz disebutkan, langkah ini adalah bagian dari “meningkatnya tuntutan dari UE untuk melindungi jiwa warga Palestina” dan upaya untuk “meredam kekerasan militer Israel yang telah melampaui batas.”

Christoph Schott, direktur Avaaz, mengatakan,”Warga di seluruh Eropa memiliki pesan untuk negara-negara kita: ‘Nyawa rakyat Palestina penting bagi kami, begitu pula seharusnya bagi kalian.’”

Aksi yang dilakukan Senin (28/5) ini bertepatan dengan rapat menlu-menlu UE di Brussels terkait perkembangan Palestina dan Jalur Gaza.

Diperkirakan bahwa dalam jangka satu dekade terakhir, lebih dari 4500 warga Palestina gugur demi kemerdekaan tanah air mereka.

Jalur Gaza dalam dua pekan terakhir juga dilanda krisis. Jumlah warga Palestina yang gugur ditembak serdadu Israel dalam longmarch al-Awdah mencapai lebih dari 120 orang. (af/alalam/asreiran)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*