Washington,LiputanIslam.com-Seorang pejabat di kementerian luar negeri Amerika menyatakan, Washington telah mengeluarkan izin ekspor senjata militer ke Ukraina. Meski demikian, dia mengatakan pemerintah Amerika tidak menjual senjata ke Ukraina secara langsung, juga tidak membantah kemungkinan untuk melakukannya.

“Kementerian luar negeri telah memberikan izin ekspor terbatas persenjataan ringan untuk para produsen Amerika,”kata pejabat itu dalam wawancara dengan Sputnik.

Dia menambahkan, pihaknya tidak mengambil kebijakan yang membatasi transaksi dagang ini. Amerika disebutnya mengkaji permintaan untuk mengekspor dan menjual senjata satu per satu, dan itu ekspor ke Ukraina adalah salah satunya.

Media-media Amerika pada Senin lalu (18/12) mengabarkan, kemenlu Amerika untuk pertama kalinya mendukung ekspor senjata mematikan kepada Ukraina. Menurut Washington Post, kemenlu Amerika telah menyetujui penjualan senjata senilai 41,5 juta dolar kepada Ukraina.

Trump pada awal Desember ini telah menandatangani draft anggaran pertahanan Amerika senilai 700 milyar dolar. Kedubes Ukraina di Amerika mengumumkan, penandatanganan anggaran tersebut membuka jalan untuk ekspor senjata Amerika ke Kiev.

Kanada pada Rabu (20/12) mencantumkan Ukraina dalam daftar negara-negara tujuan ekspor senjata otomatisnya. Dengan demikian, setelah mendapat izin dari kemenlu Kanada, Ottawa bisa menjual berbagai jenis senjata kepada Kiev.

Ukraina sejak tiga tahun terakhir dilanda konflik militer di kawasan tenggaranya. Kiev berkali-kali meminta senjata mematikan dari Washington. Rusia sendiri telah memperingatkan langkah untuk mempersenjatai Ukraina. Moskow menyatakan, langkah tersebut akan meningkatkan ketegangan di kawasan. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL