Potret seorang anggota militer Filipina di kota Marawi. Sumber: al-Jazeera

Marawi,LiputanIslam.com—Komandan utama militer Filipina secara resmi mendeklarasikan kemenangan mereka atas sisa-sisa pejuang ISIS yang ada di Kota Marawi pada Sabtu kemarin (21/10). Deklarasi kemenangan ini dilakukan oleh Jenderal Danilo Pamonag saat menggelar upacara kemenangan atas ISIS.

Danilo mengatakan bahwa mereka telah mensterilisasi 3.000 bangunan yang ada di Kota Marawi dari ranjau dan bom peledak yang mungkin dipasang oleh sisa-sisa pasukan ISIS. “Saya katakan bahwa ini telah berakhir. Ini adalah kemenangan yang total dan sempurna bagi pihak militer,” ungkapnya.

Berdasarkan atas data yang disampaikan oleh pihak pemerintah, sejak 23 Mei lalu, total pejuang ISIS yang telah meregang nyawa mencapai 897 jiwa. Di saat yang sama, korban polisi dan militer mencapai 165. Pemerintah Filipina pun telah mengevakuasi ribuan warga sipil. Otoritas Filipina mengatakan bahwa biaya pembangunan kembali kota Marawi ditaksir mencapai 50 milyar peso.

Meskipun pihak militer telah mendeklarasikan kemenangan mereka, komandan militer Filipina mengatakan bahwa status siaga di Kota Marawi masih belum dicabut hingga beberapa hari mendatang.

Pihak militer mengatakan bahwa sejumlah pejuang ISIS yang menawan empat orang laki-laki, masih bersembunyi di suatu tempat. Beberapa orang pasukan pun masih mencari tiga orang anak Isnilon Hapilon, pimpinan ISIS di Asia Tenggara yang telah tewas di tangan militer. Pihak militer meyakini bahwa salah satu anak Hapilon akan menjadi pimpinan ISIS selanjutnya dan melanjutkan pertempuran di kota itu. (fd/al-Jazeera)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL