Ghouta,LiputanIslam.com—Kelompok militan di Kota Ghouta mulai meninggalkan daerah tersebut usai melakukan kesepakatan dengan pemerintah Suriah yang berhasil meraih kemenangan total di Kota Harasta, Ghouta Timur.

Kantor berita SANA melaporkan pada Kamis (22/3) bahwa sejumlah kendaraan dan bus telah melintasi daerah Harasta untuk mengevakuasi kelompok militan dan keluarga mereka dari wilayah tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Suriah dan anggota kelompok militan telah meraih kesepakatan untuk mengevakuasi 1500 anggota kelompok militan bersama dengan 6000 keluarga mereka ke wilayah yang masih dikuasai oleh kelompok militan, Barat Daya Provinsi Idlib.

Sejauh ini, sekitar 547 orang termasuk 88 anggota kelompok militan telah meninggalkan Ghouta dengan tangan kosong.

Proses evakuasi tersebut diikuti oleh pembebasan 13 orang Pasukan pemerintah Suriah dan warga sipil yang sebelumnya ditawan oleh kelompok militan.

Proses evakuasi ini diakui oleh jubir kelompok militan Ahrar al-Sham, Monther Fares, yang menyebut bahwa anggotanya tengah bersiap untuk meninggalkan kota Harasta.

Kesepakatan antara kelompok militan dan pemerintah Suriah ini menunjukkan kemenangan pasukan pemerintah Suriah yang berhasil memukul mundur kelompok militan yang sebelumnya menguasai wilayah Ghouta Timur.

Sampai saat ini, kantong-kantong pertahanan kelompok militan pun semakin menyusut dan hanya menyisakan beberapa kota seperti Douma, Jobar, Ein Terma, Arbin, dan Zamalka.(fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL