NewYork, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat serangan masif dari berbagai media Arab Saudi karena dia tampak keberatan atas tuduhan Saudi dan sekutunya terhadap Iran terkait dengan insiden serangan yang menerjang dua kilang minyak Aramco milik Saudi.

Erdogan kembali membuat pernyataan yang sangat mengusik Saudi ketika Riyadh sedang mengerahkan segenap upayanya untuk membangun opini yang menyudutkan Iran di tengah khalayak dunia.

Dilaporkan bahwa di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, Erdogan menolak tuduhan Saudi dan AS bahwa Iran bertanggungjawab atas serangan ke Aramco.

“Serangan yang menyasar Aramco datang dari berbagai kawasan di Yaman, tidak seharusnya Iran dilimpahi tanggungjawab sepenuhnya atas serangan ini, dan dunia hendaknya peduli kepada perang di Yaman dan menghentikannya,” ungkap Erdogan dalam sebuah wawancara dengan Fox News yang disiarkan pada hari Rabu (25/9/2019).

Baca: Presiden Iran Minta Barat Berhenti Pasok Senjata ke Saudi dan UEA

Dia juga mengatakan, “Saya kira tidak benar tuduhan Iran berada di balik serangan yang terjadi belakangan ini (terhadap Aramco). Berbagai petunjuk yang ada sejauh ini tidak mesti mengarah kepada tanggungjawab Iran atas serangan itu.”

Menanggapi pernyataan Erdogan ini, koran Asharq al-Awsat memuat artikel karya Mashari al-Dzaidi yang menyebutkan, “Recep tampil mengejutkan, berlawanan dengan Arab dan non-Arab, dan semua ini lantaran satu sebab, yaitu agar tidak disalahkan oleh tetangga tercintanya, Iran!”

Middle East Online juga berkomentar dengan menyebutkan, “Presiden Turki melawan fakta dan realitas yang berkaitan dengan serangan Iran terhadap fasilitas minyak Saudi, dan mencari celah-celah di Iran setelah hubungannya dengan Saudi memburuk.”

Senada dengan komentar-komentar di atas, saluran TV Alarabiya menyatakan, “Recep Tayyip Erdogan mengambil sikap yang berlawanan dengan semua sikap internasional yang mengecam serangan terhadap Aramco pada 14 September lalu dan menyalahkan Iran. Kicauan Presiden Turki berada di luar jalur internasional.”

Baca: Erdogan Sebut Serangan ke Aramco adalah Tanggung Jawab Saudi

Dalam jumpa pers usai pertemuan puncak segi tiga Turki, Iran, dan Rusia di Ankara belum lama ini Erdogan juga membuat pernyataan yang menyudutkan Saudi terkait dengan insiden Aramco. Saat itu Erdogan menyoal siapa yang mulai menjatuhkan bom ke Yaman.  (mm/alalam/rtarabic/usnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*