Timur Tengah,LiputanIslam.com—PBB mengatakan pada Kamis (21/12) bahwa keamanan pangan di Timur Tengah dan Afrika Utara menurun secara drastis akibat konflik yang berkelanjutan di beberapa negara di wilayah itu.

Organisasi Pangan PBB menyampaikan dalam laporannya bahwa di antara negara yang terkena dampak krisis terparah adalah Suriah, Yaman, Irak, Libya, dan Sudan. Rata-rata seperempat populasinya sedang menderita kelaparan.

Seperempat rakyat Yaman sedang berada dalam kondisi kelaparan. Sebab, negara ini selama beberapa tahun dilanda konflik antara para pejuang Houthi Yaman dengan koalisi militer pimpinan Saudi. Konflik ini pun pada akhirnya menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk dalam sejarah modern.

Laporan yang disampaikan oleh PBB itu fokus pada keamanan pangan di wilayah Timur Tengah dan Afrika sejak tahun 2000 lalu.

Di dalam laporan tersebut tertulis bahwa kekurangan gizi yang juga turut melanda negara-negara yang tidak terlibat konflik, seperti Mesir, dan sebagian besar negara lainnya terus meningkat pada dekade terakhir. (fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*