Baghdad,LiputanIslam.com-Ketua kantor wakaf Ahlussunnah Irak melalui statemennya menyatakan dukungan terhadap operasi militer Baghdad pada Senin kemarin (16/10). Pemerintah pusat Irak melakukan operasi tersebut guna memberlakukan undang-undang di Kirkuk.

Syekh Abdul Latif al-Hamim menegaskan, jika masing-masing pihak berusaha membalas dendam, maka barel-barel minyak di Kirkuk bisa berubah menjadi barel-barel mesiu. Dia dalam statemennya juga mengecam upaya-upaya yang bertujuan memecah belah keutuhan Irak.

Di pihak lain, Sayyid Ammar Hakim juga menyatakan dukungannya terhadap operasi pemerintah Baghdad. Menurut ketua partai Gerakan Nasional al-Hikmah ini, operasi militer itu bertujuan mewujudkan keamanan, stabilitas, dan menjaga persatuan negara Irak.

Ammar Hakim juga menegaskan bahwa operasi ini didukung oleh warga dan lembaga-lembaga yudikatif serta sesuai dengan konstitusi Irak.

Salah satu tokoh Syiah Irak ini juga meminta agar proses dialog dilanjutkan guna mengatasi perselisihan yang muncul. Dia mengatakan, semua pihak harus menjadikan kepentingan nasional sebagai prioritas utama. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL