anggaran militer SaudiRiyadh, LiputanIslam.com — Arab Saudi menempati urutan ketiga setelah Amerika Serikat dan Tiongkok dalam daftar pengeluaran belanja militer pada tahun 2015. Negara monarkhi ini menghabiskan $87,2 miliar, mengalahkan Rusia yang menghabiskan $66,4 miliar.

Sebagaimana data yang dirilis oleh Stockholm International Peace Research Institute, yang melacak belanja militer negara-negara di seluruh dunia yang dikutip The Washington Post (5/4/2016), belanja militer Arab Saudi membumbung tinggi karena invansi militer yang dilakukan terhadap negara tetangganya yang miskin, Yaman. Dibandingkan tahun 2006, belanja militer Arab Saudi naik 2 kali lipat.

“Esensi dari Wahabi, sebuah interpretasi ekstrim Al Quran dan Sunnah yang menganggap bahwa tidak ada yang bisa menjadi perantara dengan Allah. Tidak boleh bergantung kepada selain Allah. Di Arab Saudi, segala hal yang tidak menguntungkan mereka dianggap sebagai hal yang haram atau syirik. Namun mereka melakukan syirik terbesar dengan bergantung kepada tentara AS untuk melindungi keamanan wilayah mereka (ada 5 pangkalan militer AS di Arab Saudi). Mereka menghabiskan miliaran uang rakyat (kekayaan umat Islam pada khususnya) untuk membiayai militer mereka. Uang dari minyak Saudi digunakan untuk mengekspor Islam versi mereka, Islam yang diinterpretasikan sebagai Wahabi, yang merupakan akar ideologi kelompok radikal seperti Al Qaeda dan ISIS,” kecam netizen, dengan akun @aconcernedvoice.

“Inilah yang disebut setan. Negara anti-demokrasi dan anti-HAM, anti-perempuan dan mensponsori terorisme. Arab Saudi membeli senjata dari Amerika Serikat yang hipokrit dan bermuka dua. Amerika tetap menjadi penjaga agar rezim Saud tetap berkuasa. Omong kosong tentang demokrasi dan HAM yang mereka permasalahkan di Tiongkok dan Rusia. Amerika menggunakan kata-kata tipuan, kalimat-kalimat sampah untuk membenarkan perbuatan jahat mereka. Amerika menjual rudal kepada Saudi, yang digunakan untuk membantai wanita dan anak-anak di Yaman,” hujat netizen lainnya, dengan akun @shakesheer. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL