Hamrin,LiputanIslam.com—Intelijen Peshmerga melaporkan bahwa komplotan ISIS telah membangun negara baru mereka di Hamrin, sebuah kota di sebelah utara Irak, Rabu (16/8). Peshmerga sendiri merupakan pasukan militer di daerah Kurdistan Irak.

Para komandan militer Peshmerga mengatakan bahwa ISIS telah mengumpulkan sejumlah besar anggotanya di kota ini.

Para petinggi Peshmerga juga melaporkan bahwa anggota kelompok militan yang melarikan diri dari Mosul pergi ke Kota Hamrin. Bahkan, kabarnya, ISIS telah mendeklarasikan sebuah nama yaitu Negara Baru Jabal Hamrin.

Kepala Dewan wilayah Qarah Tapah, Raheem Aziz, mengatakan pada Selasa bahwa keberadaan ISIS telah menimbulkan ketakutan di kalangan penduduk.

Aziz menambahkan bahwa dirinya telah memanggil pasukan Peshmerga untuk melindungi wilayah ini dari serangan ISIS.

Bulan ini, kelompok militan telah menanam 20 peledak di jalan-jalan Kota Hamrin.

“Mereka (ISIS) pergi ke beberapa desa dan membunuh kepada desa atau menculik beberapa orang, serta meminta tebusan,” ucap kepala Qarah Tapah Asayish, Kareem Said, kepada NRT. “Mereka juga telah meledakkan menara listrik,” tambahnya.

Berdasarkan informasi dari pasukan Peshmerga, wilayah ISIS terbentang dari pegunungan Hamrin, melewati Danau Hamrin, hingga ke Tuz Khurmatu.

Komandan Peshmerga menuduh tentara Irak dan hashid al-Shaabi telah memciptakan “ruang yang cukup luas” di wilayah tersebut. Meski begitu, mereka menyatakan komitmennya untuk menganggapi serangan ISIS.

“ISIS memilih wilayah ini karena luas dan mereka dapat bergerak dengan mudah,” ucap komandan Peshmerga, Ata Mala Star kepada NRT. (fd/NRT)

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL