Damaskus,LiputanIslam.com-Kendati Konferensi Jenewa 7 menemui jalan buntu, namun perundingan Suriah kali ini memiliki empat kabar, yang salah satunya cukup mengejutkan.

Menurut situs Shaam Times, kabar pertama adalah berkumpulnya delegasi-delegasi oposisi Suriah, baik dari Riyadh, Kairo, dan Moskow. Staffan de Mistura mengancam, jika mereka enggan bersatu satu sama lain, dia tidak akan menemui masing-masing dari mereka secara terpisah.

Kabar kedua, de Mistura menyatakan dirinya siap mengadakan perundingan langsung antara pemerintah Suriah dan kelompok oposisi.

Kabar ketiga, pada hari kedua perundingan Jenewa 7, sejumlah diplomat Barat menyampaikan kemungkinan bahwa dialog berikutnya akan dipindah ke Damaskus dengan jaminan internasional. Dialog ini akan diadakan di tempat seminetral, seperti salah satu kantor PBB, kedutaan besar salah satu negara Barat, atau bandara internasional Damaskus.

Kabar keempat yang cukup penting adalah, pada hari ketiga pertemuan dengan pihak oposisi, de Mistura secara jelas mengatakan bahwa perundingan damai mendatang akan dilangsungkan di Katmandu (Nepal) atau Damaskus. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL