Salah satu foto rekayasa yang dibuat oleh White Helmet yang menggambarkan korban serangan pemerintah Suriah.

Moskow,LiputanIslam.com—Jurnalis Inggris, Vanessa Beeley, mengatakan bahwa kelompok bernama White Helmet adalah mesin propaganda yang diciptakan untuk mendukung ambisi neo kolonialis Barat dan kelompok teroris yang ada di Suriah.

Dalam sebuah investigasi yang diterbitkan oleh Sputnik pada Senin (12/3), Beeley mengatakan bahwa dirinya telah mengumpulkan beberapa dokumen yang menunjukkan bahwa White Helmet memainkan peran aktif di Suriah sebagai pendukung kelompok teroris. Ia menambahkan bahwa dimana pun al-Qaeda dan ISIS aktif dalam suatu negara, White Helmet selalu ada di daerah itu.

Kecurigaan Beeley semakin menguat setelah dirinya menemukan bukti bahwa White Helmet pertama kali muncul bukan di Suriah, tetapi di Turki. Tak hanya itu, White Helmet ternyata tidak muncul dari masyarakat, tetapi melalui wawancara yang dilakukan oleh James Le Mesurier pada tahun 2014, seorang spesialis keamanan rahasia Inggris dan pendiri intelijen militer.

“Melalui akun pribadinya, Le Mesurier dengan cepat menggalang dana sejumlah 300.000 dolar As, yang berasal dari AS dan Inggris. Pihak lain yang turun andil memberikan dana kepada Le Mesurier hingga mencapai 100 Juta dolar adalah berbagai NGO di Barat dan beberapa negara teluk. Belanda, Jerman, Denmark, dan Japan, adalah pihak lain yang turut terlibat,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa White Helmet adalah pemain penting yang terus mempropagandakan perlawanan kepada pemerintah Suriah. Di antara bentuk perlawanannya adalah tuduhan penggunaan senjata kimia yang dilakukan oleh pemerintah Suriah.

Beeley juga mengatakan bahwa White Helmet berulang-ulang telah mempublikasikan foto-foto hoax lengkap dengan video-video aksi penyelamatan yang direkayasa. Kelompok ini telah membuat video yang tidak mewakili konteks kejadian secara utuh, sehingga menimbulkan kesalahpahaman. (fd/SANA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*