Beijing,LiputanIslam.com-Untuk pertama kalinya, Tiongkok menjatuhkan sanksi atas korporasi-korporasi AS. Tindakan ini diambil Beijing sebagai respon atas penjualan senjata korporasi-korporasi itu kepada Taiwan.

“Penjualan senjata kepada Taiwan oleh AS secara serius telah melanggar prinsip ‘Satu Tiongkok’ dan statemen bersama Tiongkok-AS. Hal ini juga mencederai kedaulatan dan kepentingan keamanan Tiongkok. Demi melindungi kepentingan nasional, Tiongkok akan memberlakukan sanksi atas instansi-instansi AS yang menjual senjata kepada Taiwan,”demikian isi pernyataan kemenlu Tiongkok, Jumat (12/7).

BacaAS Jual Senjata $2,2 Miliar ke Taiwan

“Dengan tindakan ini, AS telah mengabaikan kedaulatan dan keutuhan wilayah Tiongkok. Tiongkok telah menyaksikan penjualan senjata besar-besaran AS kepada Taiwan selama beberapa dekade. Ini adalah kali pertama Tiongkok bicara terang-terangan soal sanksi atas korporasi senjata AS.”

Menlu Tiongkok yang sedang melawat ke Budapest mengecam keras transaksi senilai 2,2 milyar dolar tersebut. Wang Yi memperingatkan agar Washington tidak bermain dengan api dan harus segera menghentikan penjualan senjata ke Taiwan.

Dalam daftar senjata-senjata yang dijual AS, terdapat 108 unit tank Abrams, juga 250 unit rudal Stinger dengan segala perlengkapannya. (af/alalam)

Baca Juga:

Selain Nuklir, Rusia Miliki Senjata Rahasia Lain untuk Hancurkan AS

UEA Mengurangi Jumlah Pasukannya di Yaman dengan Dalih Strategi

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*