Caracas,LiputanIslam.com-Meski ada sanksi dari AS, bank pusat Venezuela berhasil menjual emas cadangannya senilai 570 juta dolar. Dengan ini, Caracas kembali berhasil menggagalkan sanksi-sanksi Washington.

Dilansir dari Bloomberg, pemerintah Venezuela pada 10 Mei lalu menjual sekira 9,7 ton emas cadangannya, dan 4 ton lagi tiga hari setelahnya.

Dengan dijualnya emas sebanyak ini, keseluruhan cadangan emas negara ini mencapai titik terendah selama 29 tahun terakhir.

Menurut sumber-sumber Bloomberg, uang hasil penjualan emas itu akan digunakan untuk mengimpor barang-barang yang dibutuhkan rakyat Venezuela.

Venezuela telah menjual emas hingga 23 ton sejak awal April. Tindakan ini berlawanan dengan sanksi ekonomi yang dijatuhkan Washington atas Caracas.

Pemerintahan Trump berusaha melumpuhkan pemerintahan Nicolas Maduro dari sisi ekonomi dengan berbagai tekanan. Namun pemerintahan Maduro masih sanggup bertahan hingga kini, serta terus mencari cara untuk melawan sanksi-sanksi AS.

Sebelum ini dilaporkan bahwa Venezuela telah menjual sebagian cadangan emasnya kepada perusahaan-perusahaan di UEA dan Turki.

Venezuela sudah berbulan-bulan berkutat dengan krisis ekonomi lantaran tekanan dan embargo ekonomi AS. Krisis ini memburuk usai Juan Guaido (pemimpin oposisi Venezuela) mendeklarasikan diri sebagai presiden. (af/alalam)

Baca:

NBC: Trump Terlalu Meremehkan Tekad Iran untuk Melawan Sanksi

Pemerintah AS Tutup Suplai Air di Kedubes Venezuela

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*