Doha,LiputanIslam.com-Seorang dosen dan analis politik Qatar mengatakan, jika Doha dituduh mendukung terorisme, maka Qatar bukan satu-satunya negara yang melakukan hal tersebut.

Dalam wawancara dengan Sputnik, Ali al-Hail menegaskan, ada banyak bukti yang menunjukkan dukungan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) terhadap terorisme.

Menanggapi tuduhan Adel Jubeir, menteri luar negeri Saudi, soal dukungan Qatar terhadap terorisme, al-Hail mengatakan,”Jika kalian menuduh seperti ini, kalian (Saudi) juga menyokong banyak kelompok-kelompok teroris. Kalian menyulut berbagai perang di luar negeri dan membunuhi orang tak berdosa.”

Al-Hail menegaskan, hubungan Qatar-Iran adalah hubungan alami sebagaimana hubungan satu negara dengan selainnya di dunia. Menurutnya, dua negara ini memiliki ladang gas laut bersama dan ini merupakan hubungan ekonomi murni.

“Jika hubungan Qatar-Iran adalah salah satu penyebab pemutusan hubungan dengan Doha, seharusnya UEA diperlakukan serupa, karena mereka menjalin hubungan ekonomi-politik terbesar dengan Iran. Iran menanamkan investasi senilai setengah trilyun dolar di sana. Selain itu, 40 ribu perusahaan Iran juga aktif di negara tersebut,”pungkas al-Hail. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL