Berlin,LiputanIslam.com-Menteri ekonomi Jerman menyatakan, keputusan AS untuk memberlakukan tarif impor baja dan alumunium dari Kanada, Uni Eropa, dan Meksiko bertentangan dengan undang-undang internasional.

Sebelum ini, pemerintah AS mengumumkan akan memberlakukan tarif impor terhadap sejumlah sekutu terdekatnya. Dengan demikian, keputusan ini menghilangkan keraguan soal kemungkinan dikecualikannya sebagian negara dari tarif impor ini.

“Hari ini bukan hari yang baik untuk hubungan antara dua sisi Samudera Atlantik,”kata Olaf Scholz, menteri ekonomi Jerman.

Pernyataan ini disampaikan Scholz sebelum bertemu dengan para koleganya di kelompok G-7 di Kanada, demikian dilansir Reuters.

Scholz menekankan pentingnya dukungan terhadap sebuah sistem yang berasaskan pada perdagangan bebas. Dia berpendapat, langkah sepihak AS adalah sebuah kekeliruan dan bertentangan dengan undang-undang internasional.

“Uni Eropa akan menanggapi masalah ini dengan ‘tegas dan rasional.’ Uni Eropa siap berunding dengan AS terkait masalah tarif ini, namun hanya jika Washington berjanji kepada Eropa untuk mengecualikan tarif impor baja dan alumunium untuk selamanya,”tandas Scholz. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*