Berlin,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Jerman menuduh Washington tidak berkoordinasi dengan Berlin dalam masalah-masalah dunia.

“Kami mengetahui sejumlah kebijakan (AS) melalui Twitter. Kadang kala, saya berpikir, satu atau beberapa orang di AS juga baru mengetahui keputusan Gedung Putih via Twitter. Hal seperti ini akan mengubah kerjasama antaraJerman dan AS,”kata Heiko Maas.

Sejak menjabat sebagai presiden AS, Donald Trump kerap kali mengumumkan sejumlah kebijakan dan pendiriannya melalui media sosial Twitter. Salah satunya adalah pengumuman sikap AS terkait hasil akhir pertemuan G-7 di Kanada.

“Sebelum ini, kami banyak melakukan perundingan dengan AS terkait semua masalah vital, juga ada koordinasi dalam semua level. Namun, hal semacam ini sekarang telah berkurang,”tandas Maas.

Menlu Jerman berharap, negaranya bisa melakukan perundingan lebih banyak dengan AS di masa mendatang.

Maas sendiri sering mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah AS. Beberapa waktu lalu, dia mengunggah sebuah tweet di akun Twitter-nya. Dia menulis, Trump bebas mencuit sesuka hatinya, tapi AS bukan hanya Gedung Putih saja. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*