Berlin,LiputanIslam.com-Kementerian Luar Negeri Jerman mengecam keras transaksi jual-beli senjata antara Amerika dan Saudi. Kesepakatan senilai 110 milyar dolar ini dinilai tidak akan membantu mengurangi ketegangan di Timur Tengah.

Menurut laporan kantor berita TASS, menteri luar negeri Jerman, Zigmar Gabriel, mengatakan,”Penandatanganan perjanjian jual-beli senjata Amerika-Saudi menunjukkan bahwa kita berada di jalur yang salah. Sebab satu-satunya hal yang banyak ditemukan di Timteng adalah senjata.”

Dalam konferensi pers di Berlin ini, Gabriel menyatakan bahwa dunia membutuhkan program-program baru untuk pelucutan dan pengendalian persenjataan.

“Satu-satunya hal yang bisa memberi harapan kepada kawula muda adalah membuka cakrawala ekonomi untuk mereka, bukan perlombaan senjata,”ungkapnya.

Seperti diketahui, Donald Trump berkunjung untuk pertama kalinya ke Saudi pada tanggal 20-21 Mei lalu. Dalam kunjungan dua hari ini, Amerika dan Saudi mencapai kesepakatan jual-beli senjata senilai ratusan milyar dolar. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL