Berlin,LiputanIslam.com-Menteri Pertahanan Jerman menyatakan, dirinya berusaha agar tentara negaranya terlibat lebih sering dalam operasi-operasi militer di luar Jerman.

“Kita harus menghadapi kenyataan ini secara terang-terangan. Sebagaimana negara-negara lain di dunia, kita memiliki kepentingan-kepentingan strategis khusus. Jerman harus mengembang tanggung jawab lebih banyak di skala internasional,”kata Annegret Kramp-Karrenbaeur kepada majalah Sueddeutsche, Selasa (5/11).

Baca: Para Menteri Israel Adakan Beberapa Pertemuan Membahas Kemungkinan Perang dengan Iran

Karrenbaeur, yang juga merupakan pemimpin partai konservatif yang berkuasa di Jerman, menyatakan bahwa misi ini memang berat. Namun, katanya, Jerman harus mengambil inisiatif dan mengajukan saran-saran.

Saat ditanya bahwa kebijakan ini bisa menyebabkan kepulangan serdadu Jerman dalam peti mati, Karrenbauer menjawab bahwa ini memang tugas berbahaya. Dia mengatakan, bahaya ini terkait dengan sejumlah kawasan seperti pesisir Afrika yang di sana ada potensi diekspornya terorisme ke Eropa.

Dia menjelaskan, sebagai contoh, Mali adalah negara yang merupakan salah satu kawasan terbesar untuk urusan imigrasi ilegal, yang di sana ada banyak kejahatan terorganisasi. Sebab itu, kata Karrenbauer, keamanan di kawasan pesisir Afrika adalah bagian dari keamanan nasional Jerman. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*