Berlin,LiputanIslam.com-Menlu Jerman mengecam langkah terkoordinasi sejumlah negara Arab yang memutus hubungan dengan Qatar. Dia juga menuduh Donald Trump sebagai dalang meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Dalam wawancara dengan harian Handelsblatt, Zigmar Gabriel mengkritik cara negara-negara Arab memperlakukan Qatar. Dia mengatakan, langkah semacam ini sangat berbahaya untuk dilakukan di kawasan segenting Timur Tengah.

Menlu dan deputi Kanselir Agung Jerman memperingatkan kemungkinan kian memburuknya krisis dalam hubungan Qatar dan negara-negara Arab lainnya.

“Memburuknya krisis ini tidak akan bermanfaat bagi siapa pun. Dari sisi politik dan militer, saat ini Timur Tengah seperti sebuah gudang mesiu. Konflik sektarian, kesukuan, etnis, politik, dan ideologi telah memunculkan perpecahan di tengah rezim-rezim penguasa di Teluk Persia,”ujat Gabriel.

Gabriel juga mengkritik kebijakan Trump di Timur Tengah. Menurutnya, transaksi militer Amerika dan negara-negara Arab baru-baru ini meningkatkan bahaya timbulnya kompetisi persenjataan baru.

Menlu Jerman menganggap kebijakan Amerika di Timur Tengah sebagai sebuah kekeliruan. Dia mengklaim bahwa negaranya pasti akan memberlakukan kebijakan yang berbeda dengan Amerika. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL