Tokyo,LiputanIslam.com-Berdasarkan laporan AFP yang dikutip dari media-media Jepang, Tokyo berupaya mempersiapkan pertemuan antara Shinzo Abe (perdana menteri Jepang) dan Kim Jong-un (pemimpin Korut). Keputusan ini diambil usai Jong-un menyatakan kesediaannya untuk berunding.

Sankei Shimbun melaporkan, pemimpin Korut telah mengumumkan bahwa dia siap berunding dengan negara-negara lain, termasuk Jepang. Hal ini dinyatakan Jong-un dalam pertemuannya dengan Donald Trump pada Selasa (12/6) lalu.

Jepang berencana merundingkan kasus penyanderaan sejumlah warganya oleh Korut pada beberapa dekade lalu. Topik ini terabaikan dalam beberapa bulan terakhir, kendati kontak dengan Pyongyang terus dilakukan.

Para pejabat Jepang tengah mengkaji sejumlah skenario pertemuan KTT ini. Salah satunya adalah kunjungan Abe ke Pyongyang pada Agustus nanti, atau pertemuannya dengan Jong-un di sela-sela sebuah konferensi yang akan diadakan di Rusia pada September nanti. Para pejabat kedua negara juga dikabarkan akan bertemu pekan ini dalam sebuah konferensi internasional di Mongol. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*