TelAviv,LiputanIslam.com-Jenderal Yitzhak Barik (inspektur tentara Israel) mengungkap ketidakpedulian petinggi Israel terhadap laporan yang pernah ia susun sebelum ini. Dalam laporan itu, Barik menyebut bahwa tentara Israel tidak siap untuk menghadapi sebuah perang besar.

Barik telah memilih pensiun dini Rabu (9/1) usai perselisihan administratif dengan para petinggi senior militer Israel, termasuk Gadi Eizenkot (kepala staf tentara Israel). Menurutnya, ada hal yang lebih buruk dari ketidaksiapan tentara Israel menghadapi perang baru, yaitu sikap abai pimpinan Israel terhadap kondisi ini.

Dilansir dari situs Arutz Sheva, Barik menyebut ketidakpedulian ini sebagai “rahasia terdalam di militer Israel.”

“Jika (sekarang) terjadi perang, kerugian yang akan kita hadapi jauh lebih besar dari kerugian di perang Yom Kippur,”ujar Barik.

Ia menyatakan, Tel Aviv hanya mempersiapkan tentara untuk menghadapi dua kondisi, yaitu Lebanon dan Gaza. Padahal, menurutnya, Suriah kini telah kembali (ke arena tempur). Ia berpendapat bahwa tentara Israel hanya dipersiapkan secara setengah-setengah.

“Rahasia terbesar militer Israel, yang berusaha ditutup-tutupi, adalah bahwa kejadian apa pun yang terjadi di kalangan tentara, hanya akan berhenti sampai di situ (dan tidak diungkap keluar). Mereka sukses melakukan hal ini sampai hari ini. Namun Barik telah datang untuk membongkarnya,”tandas Barik. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*