Tehran,liputanIslam.com—Rektor Universitas Pertahanan Nasional Iran, Jenderal Ahmad Vahidi, memperingatkan tentang upaya Amerika untuk melanjutkan dukungannya terhadap kelompok teroris ISIS dan mengatakan bahwa negara itu tengah berupaya untuk memindahkan kelompok ekstremis tersebut ke wilayah Asia Tengah, khususnya Afgahintan.

Hal ini disampaikan oleh rektor sekaligus mantan Menteri Pertahanan Iran tersebut kepada wartawan pada Jum’at (26/1). Ia menjelaskan bahwa kelompok teroris ISIS telah mengalami kekalahan di wilayah Timur Tengah, dan bahkan sebagian kecil kelompok takfiri yang masih ada di Irak dan Suriah itu bertahan berkat bantuan kekuatan Barat (AS)

Ia mencatat bahwa sejak kelompok teroris ini mengalami kekalahan di beberapa negara, As pun mulai mencoba untuk memindahkan beberapa elemen ISIS ke Asia Tengah dan Afghanistan. Jenderal tersebut memperingatkan otoritas setempat agar mewaspadai penyebaran kelompok teroris ke wilayah-wilayah yang dimaksud.

Pada 19 November lalu, militer Suriah berhasil mengusir kelompok ISIS keluarh dari sarang terakhir mereka di kota al-Bukamal. Pembebasan Kota Bukamal menandai berakhirnya kekhalifahan ISIS yang telah diumumkan pada tahun 2014.

Pada Agustus 2017 lalu, Presiden Iran memperingatkan agar ISIS tidak kembali muncul di wilayah lain, terutama Asia Tengah.

“Setelah menderita kekalahan di Irak dan Suriah, para teroris yang tersisa cenderung untuk pergi ke wilayah lain. Dengan demikian, kita semua harus waspada terhadap ancaman semacam itu, terutama di Kaukasus dan Asia Tengah,” ucap Rouhani. (Fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*