TelAviv,LiputanIslam.com-Kini Saudi dan Israel menggunakan jalur seni untuk menjalin hubungan lebih dekat. Rencananya, Tel Aviv akan mengundang Riyadh untuk mengikuti sebuah kontes musik.

Menteri Komunikasi Israel menyatakan, pihak Saudi diundang untuk berpartispasi dalam “Eurovision Song Contest” yang telah dilangsungkan tiap tahun sejak 1956. Kontes ini akan diadakan di Tanah Pendudukan tahun depan.

Dalam wawancara dengan kanal 10 televisi Israel, Ayoob Kara menyebut ada banyak kemajuan signifikan dalam hubungan Israel-Saudi. Hal inilah yang mendorong Tel Aviv mengundang Riyadh.

Menurut Kara, ada kemungkinan Saudi akan merespons positif undangan ini, karena adanya hubungan khusus antara pemerintah Riyadh dengan Donald Trump.

Undangan serupa, kata Kara, akan dikirim ke seluruh negara Arab yang disebutnya sebagai “koalisi Saudi.”

Sebelum ini, Netanyahu menginstruksikan menteri komunikasi dan menteri budaya Israel untuk mengawasi persiapan kontes musik tersebut.

Kara juga mengungkapkan bahwa ia secara resmi diundang untuk mengunjungi UEA pada Oktober mendatang.

“Ini adalah kali pertama sebuah pemerintahan Arab menerima undangan resmi dan terbuka dari seorang menteri Israel untuk berkunjung,”kata Kara dalam wawancara dengan Radio Tentara Israel. Dia menilai hal ini sebagai bagian dari perkembangan dramatis dalam hubungan Rezim Zionis dengan sejumlah negara-negara Teluk.

Kara mengklaim, banyak negara Arab yang menunjukkan hasrat mengunjungi Israel dalam waktu sesegera mungkin, Bahkan, lanjutnya, banyak pihak-pihak resmi Arab yang tak ragu mendukung Tel Aviv dan kebijakan-kebijakannya. (af/alalam/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*