Gaza,LiputanIslam.com—Setelah menggempur gaza dengan bom-bom yang dijatuhkan dengan pesawat tempur, kini militer Israel mulai mengerahkan sistem peluncur rudalnya ke Gaza, wilayah Palestina yang telah berhasil dikuasai.  Keterangan seputar sistem peluncur rudal ini telah disampaikan oleh otoritas Israel pada Senin (13/11). Meski begitu, belum ada rincian yang lebih detail tentang posisi peluncur rudal tersebut.

Strategi perang semacam ini baru pertama kali diterapkan oleh rezim Israel sejak 2014 silam, ketika Israel memulai perang berdarah yang berlangsung selama 50 hari di jalur Gaza.

Pada akhir Oktober lalu, jet tempur Israel telah menghancurkan terowongan yang ada di sebelah selatan jalur Gaza. Aksi brutal ini menewaskan 10 angota gerakan perlawanan rakyat Palestina dan dua pejuang yang berafiliasi dengan kelompok Hamas.

Melalui video yang dibuplikasikan di You Tube pada Sabtu (11/11), Mayor Jenderal Israel, Yoav Mordechai, memperingatkan para pejuang Palestina bahwa serangan apapun yang dilakukan untuk melawan Israel, akan dibalas dengan oleh pemerintah Israel dengan balasan yang mengerikan. Ini tidak hanya berlaku untuk para pejuang Palestina, tetapi juga untuk para pejuang Hamas.

Sehari kemudian, gerakan perlawanan rakyat Palestina mengatakan bahwa mereka tidak akan menyerah untuk melawan segala bentuk agresi, termasuk di antaranya adalah agresi militer yang dilakukan oleh Israel.

“Ancaman Israel untuk menargetkan pemimpin gerakan rakyat Palestina merupakan deklarasi perang yang akan kita hadapi,” ucap pernyataan tersebut.

Sementara itu, Israel mengklaim bahwa para pejuang Palestina telah menggunakan terowongan bawah tanah Gaza untuk menimbun senjata dan menyusup ke wilayah pemukiman Israel.

Hingga kini, Israel masih memblokade wilayah Gaza dari akses keluar masuk dalam bentuk apapun. Akibatnya, blokade itu telah menyebabkan turunnya standar hidup serta menaikkan tingkat pengangguran dan kemisikinan di wilayah ini yang belum pernah terjadi sebelumnya. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL