Tel Aviv,LiputanIslam.com-Mantan kepala biro keamanan internal Israel, Shabak (Shin Bet), mengungkapkan peningkatan hubungan para pejabat keamanan sejumlah negara Arab dengan Israel.

Dalam wawancara dengan situs Zionis berhalauan kanan, NRG, Yoram Cohen menyebut para pejabat Arab ini sebagai ‘nasionalis’. Dia mengatakan,”Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan Israel dan sekutu dekatnya telah meningkat. Mereka adalah orang-orang profesional dan nasionalis yang bekerja demi kehormatan negara mereka.”

Cohen menyatakan, saat ada kepentingan bersama atau musuh bersama, hubungan ini bisa ditingkatkan dan diperkuat kembali.

Dia menambahkan, kerjasama keamanan Israel dengan pihak-pihak Palestina (PLO) sangat efektif untuk mewujudkan keamanan bagi warga Israel.

Terkait pengepungan kedubes Israel di musim panas 2011 di Kairo, Cohen menyebutnya sebagai kondisi berat dan rumit yang nyaris berakhir menjadi bencana bagi Rezim Zionis.

Sebagai mantan kepala Shin Bet, Cohen mengakui kegagalan intelijen dan militer Israel terkait Gilad Shalit yang ditawan Hamas.

Shin Bet mengerahkan banyak usaha untuk membebaskan Shalit. Namun kami gagal mengembalikan dia kepada keluarganya dalam sebuah aksi militer. Kami tidak ingin membahasnya kembali,”ujar Cohen. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL