Beirut,LiputanIslam.com-Situs berita Elwatan melaporkan, komandan Brigade Golani Israel di Shebaa mencemaskan aktifitas Hizbullah di wilayah tersebut. Menurutnya, para pejuang Hizbullah sibuk mengumpulkan informasi terkait pasukan Israel dan aktifitas mereka. Ia mengklaim, Hizbullah sedang bersiap menyerang pasukannya.

Perwira yang namanya tak disebutkan ini mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, Hizbullah menjadikan jalanan sebagai target serangan. Tujuannya adalah menghalangi pengiriman pasukan bantuan dan evakuasi serdadu yang terluka.

Seorang perwira tinggi Israel juga menyatakan, kehadiran Hizbullah di Suriah tidak mengurangi aktifitas kelompok ini di perbatasan Rezim Zionis, khususnya di ladang-ladang Shebaa.

Brigade Golani dibentuk beberapa bulan sebelum Rezim Zionis ‘diciptakan’ pada Februari 1948. Brigade ini terdiri dari lima batalion dan dikenal sebagai salah satu pasukan terkejam Israel. Brigade ini terlibat dalam sejumlah perang, seperti perang 1948, perang melawan Yordania, Suriah, Lebanon, Irak, perang 1967, perang Oktober 1973, Perang Lebanon I dan II, dan dua intifadah rakyat Palestina.

Ladang-ladang Shebaa memiliki lahan dengan lebar rata-rata 2,5 km dan panjang 14 km. Shebaa ini terletak di kawasan antara Israel, Suriah, dan Lebanon. Berdasarkan kesaksian PBB, daerah ini adalah milik Suriah. Namun ia diduduki Rezim Zionis sejak perang Enam Hari. Pemerintah Suriah dan Lebanon menganggap ladang-ladang Shebaa sebagai bagian dari tanah Lebanon.(af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL