TelAviv,LiputanIslam.com-Menurut laporan Middle East Monitor, Menteri Komunikasi Israel menyatakan bahwa Tel Aviv akan menghadiri pertemuan regional yang dihadiri Saudi, Mesir, dan Yordania. Ayoob Kara mengabarkan rencana Israel untuk berunding dengan tiga negara Arab tersebut terkait kerjasama pertahanan.

Pertemuan regional tersebut akan membahas masalah politik dan keamanan. Sejumlah sumber menyatakan, Saudi telah memulai proses normalisasi hubungan dengan Rezim Zionis. Selain Saudi, UEA dan Bahrain juga dikabarkan menjalin hubungan rahasia dengan Israel.

Sebelum ini, seorang diplomat Israel mengabarkan kemajuan dalam hubungan antara Rezim Zionis dengan sejumlah negara Teluk.

Harian terbitan Inggris, The Times, juga pernah memberitakan perundingan Riyadh dan Tel Aviv terkait normalisasi hubungan dagang. Saudi dilaporkan akan segera membuka kantor dagang di ibukota Israel.

Donald Trump dalam kunjungan luar negeri pertamanya pergi ke Saudi dan Israel. Dia mengklaim, akan ada fase baru dalam penanganan krisis Timur Tengah. Dia menyatakan, berita besar dan mecengangkan terkait hal ini akan segera tersebar.

Anwar Eshqi, ketua pusat studi Timteng, mengatakan,”Ada perubahan sikap Saudi terhadap Israel. Pernyataan dan tweet para pejabat Saudi menyiratkan keyakinan mereka bahwa Israel tidak pernah memusuhi Saudi.” (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL