TelAviv,LiputanIslam.com-Kepala biro keamanan internal Israel (Shin Bet) menyatakan, saat ini Jalur Gaza dalam situasi tenang. Namun ketenangan itu disebut Nadav Argaman sebagai ‘ketenangan yang menipu.’

Menurut laporan harian Zionis, Yedioth Ahronoth, hal tersebut dikemukakan Argaman pada Minggu (10/9) dalam pidatonya di rapat mingguan kabinet Israel.

Dia mengatakan, Hamas telah berinvestasi untuk memperkuat hubungan strategisnya dengan poros Syiah yang dipimpin Iran. “Hamas di bawah pengawasan Iran berupaya untuk menanamkan pengaruh di Lebanon dan menyiapkan diri untuk perang baru di Israel,”ujarnya.

Argaman mengklaim, Shin Bet dalam rentang waktu Juli-Agustus telah menggagalkan 70 operasi dari pihak resistansi. Shabak (nama lain dari Shin Bet) juga diklaim telah mencegah terlaksananya 200 operasi lain, termasuk yang menargetkan serdadu Israel.

Dia menambahkan, Hamas terus melanjutkan usahanya untuk melakukan operasi di Tepi Barat, kendati mereka menghadapi sejumlah kendala dalam hal ini. Argaman mengklaim, Hamas akan meningkatkan upaya untuk melakukan aksi-aksi anti-Israel sepanjang tahun ini.

Kendati mengakui kekuatan Hamas telah meningkat, Argaman menganggap kelompok resistansi ini sedang mengalami kondisi sulit, terutama di pentas  politik. Meski demikian, Hamas disebutnya tetap mempersiapkan diri untuk perang baru. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL