Damaskus,LiputanIslam.com-Menanggapi serangan jet-jet Israel ke wilayah Suriah Selasa malam (25/12), Rusia menyatakan bahwa tindakan itu adalah pelanggaran serius terhadap kedaulatan Suriah.

“Moskow sangat mengkhawatirkan serangan-serangan Israel ke Suriah, terutama cara eksekusi serangan-serangan tersebut,”demikian dinyatakan kemenlu Rusia dalam statemennya.

Menurut Rusia, serangan itu adalah pelanggaran serius kedaulatan Suriah dan keputusan Dewan Keamanan PBB.

“Angkatan udara Israel sekali lagi melancarkan serangan ke Suriah dengan menggunakan pesawat sipil sebagai cover,”lanjut kemenlu Rusia.

Kemenhan Rusia menyatakan, rudal-rudal Israel ditembakkan saat dua penerbangan sipil tengah mendarat di bandara Beirut dan Damaskus. Tel Aviv dituding memanfaatkan dua penerbangan tersebut sebagai cover untuk serangannya.

Stasiun televisi SANA pada Selasa malam melaporkan, Rezim Zionis membombardir sejumlah target di wilayah Suriah dengan jet-jet F-16. Serangan tersebut berlangsung sekitar satu setengah jam.

Ini merupakan agresi misil terbesar Israel ke Suriah, usai Rusia menempatkan sistem pertahanan udara S-300 di Damaskus.

Israel selama beberapa bulan telah menghentikan serangan ke sekitar bandara Damaskus usai penyerahan S-300 kepada Suriah. Menhan Rusia pada 2 Oktober lalu mengumumkan, muatan S-300 telah dikirimkan ke Suriah. (af/alalam/fars)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*