TelAviv,LiputanIslam.com-Israel membuat ‘kejutan’ dengan mengumumkan akan menyiarkan pertandingan Piala Dunia Rusia 2018 secara gratis dengan komentator bahasa Arab.

Kabar ini menyeruak di tengah kian intensifnya upaya normalisasi hubungan Israel dengan sejumlah negara Arab, terutama Saudi.

Benyamin Netanyahu dalam akun Twitter-nya menulis, Israel kini tengah berada di periode paling cemerlang. Israel disebutnya bukan lagi musuh negara-negara Arab, tapi sekutu yang bisa dipercaya.

Laman kemenlu Israel dalam bahasa Arab di Facebook menyatakan, para penggemar sepakbola di negara-negara dekat Israel (Yordania, Lebanon, Mesir, dan Tepi Barat) bisa menyaksikan Piala Dunia 2018 melalui jaringan satelit Israel, Makan.

“Israel telah membeli hak tayang Piala Dunia tahun ini dari Rusia. Para penggemar sepakbola di negara-negara tetangga bisa menyaksikannya, lengkap dengan komentar bahasa Arab,”demikian tercantum di laman tersebut.

Ini adalah kali pertama Israel menyiarkan Piala Dunia secara gratis melalui satelit. Sebelum ini, pertandingan-pertandingan Piala Dunia hanya disiarkan melalui televisi kabel.

Di antara 32 kontestan Piala Dunia Rusia, terdapat empat kontestan dari Arab, yaitu Mesir, Tunisia, Maroko, dan Saudi.

Stasiun televisi Makan disebut akan fokus pada pertandingan-pertandingan negara-negara Arab itu dan menyiarkan semuanya secara langsung.

Sebelum ini, Turki Al Sheikh mengunggah cuitan untuk netizen Saudi dan memberitakan “kabar gembira terkait siaran Piala Dunia Rusia.” Media-media Saudi mengaitkan “kabar gembira” itu dengan tayangan gratis oleh stasiun televisi Rezim Zionis. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*