Damaskus,LiputanIslam.com-Setelah satelit Israel berhasil mengambil foto-foto dua pesawat Sukhoi-57 di Hmeimim, Suriah, kabar ini segera diliput secara luas oleh media-media Israel. Berita ini tak pelak membuat Tel Aviv khawatir.

Al-Mayadeen memuat laporan bagaimana media-media Israel meliput berita ini. Harian Haaretz menulis, satelit Israel telah merekam foto-foto dua jet tersebut pada 23 Maret lalu. Menurut media ini, itu merupakan foto-foto pertama yang membuktikan keberadaan jet modern Rusia itu di Suriah.

Haaretz menyebutkan klaim biro intelijen Israel bahwa jet-jet itu belum pernah digunakan secara ‘serius.’ Tampaknya, pesawat-pesawat itu baru akan digunakan pertama kali di Suriah.

Situs Yedioth Ahronoth menulis, analis terhadap foto-foto satelit menunjukkan kemampuan jet-jet itu untuk terbang di Suriah. Media ini juga menyatakan, Sukhoi-57 menjalani penerbangan pertamanya di Suriah.

Seorang analis militer di kanal 10 Israel menyatakan, Sukhoi-57 adalah reaksi Rusia terhadap jet F-22 dan F-35 Amerika yang dimiliki Rezim Zionis.

“Selama kebijakan Rusia di Suriah tidak berubah dan koordinasi Israel-Rusia masih terus berlanjut, semestinya keberadaan Sukhoi-57 di Suriah tidak terlalu mengkhawatirkan,”kata Heller.

Heller berpendapat, Putin ingin berada di Suriah, karena negara ini dianggap sebagai medan yang berat. Kesimpulan Heller didasari fakta bahwa jet-jet tempur Rusia tidak berada di negara lain tanpa suatu alasan. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*