Abu Dhabi,LiputanIslam.com—Utusan Turki dan Israel baru saja menggelar pertemuan rahasia di Ibu Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kantor berita Memo mengabarkan pada Senin (17/9) bahwa sebuah jet Israel dan sebuah pesawat eksekutif pemerintah Turki telah mendarat di UEA dan berhenti selama beberapa jam. Setelah itu, jet itu pun lepas landas kembali. Dengan mengutip The Times of Israel, Memo menyebut bahwa kedua pesawat utusan dua negara itu telah melintasi wilayah udara Ibu Kota Amman, Yordania, secara bersamaan. Keduanya diduga telah menjalin komunikasi saat penerbangan berlangsung.

“Sampai saat ini, kedua negara masih belum memberikan konfirmasi terkait tujuan perundingan tersebut,” tulis The Times of Israel.

Belum ada keterangan lebih lanjut tentang topik yang dibahas oleh kedua pihak. Tapi, jika perundingan rahasia ini berjalan sukses, kemungkinan masing-masing negara akan kembali mengaktifkan diplomasi politik mereka yang sempat terputus dengan cara mengembalikan masing-masing dubes kenegaraan.

Sebelumnya, hubungan antara Turki dan Israel sempat terputus usai Amerika mendeklarasikan Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel. Sebagai bentuk kecaman kepada Israel, Turki pun mengusir dubes Israel yang ada di Turki. Beberapa saat kemudian, Israel pun melakukan hal yang sama kepada utusan Turki. (fd/Memo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*