Tel Aviv,LiputanIslam.com-James Mattis, Menhan Amerika, di sela-sela kunjungannya ke Tanah Pendudukan menyatakan, Washington ingin membentuk koalisi pertahanan regional Timteng.

Situs Israel Defense melaporkan, ini adalah proyek Amerika yang bertujuan membentuk koalisi “NATO Timteng” guna menghadapi ancaman Iran terhadap Israel.

Dalam konferensi bersama dengan Avigdor Lieberman, Menhan Israel, Mattis mengatakan,”Koalisi Amerika dengan Israel adalah batu fondasi keamanan regional yang sangat luas. Keamanan regional ini mencakup kerjasama dengan Yordania, Mesir, Saudi, dan sekutu-sekutu Amerika di negara-negara Teluk. Tujuan saya adalah meningkatkan partisipasi Amerika di kawasan untuk melenyapkan ancaman dan pada akhirnya, menakut-nakuti musuh-musuh kita.”

Menurut Israel Defense, pembentukan format keamanan regional memerlukan kerjasama militer, teknologi, dan intelijen. Tampaknya, ancaman yang dimaksud Mattis adalah ‘ancaman nuklir’ Iran dan poros muqawamah (resistensi) yang didukung Iran dalam menghadapi Israel serta Saudi.

Situs ini menyatakan, koalisi semacam ini juga membutuhkan latihan-latihan militer bersama-setidaknya di tingkat para komandan militer-agar jika terjadi perang melawan Iran, para anggota koalisis memiliki pandangan seragam. Koalisi semacam ini juga menuntut kemampuan memindahkan titik berat ke seluruh penjuru Timteng dan Teluk Persia agar Iran kalah. Hal ini juga memerlukan koordinasi dan latihan.

Dalam bidang intelijen, pembentukan koalisi regional ini butuh pertukaran informasi strategis dan taktis. Sementara di bidang teknologi, koalisi ini harus dibentuk berdasarkan penggabungan kemampuan pertahanan udara guna menghadang ‘rudal-rudal nuklir Iran.’[!]

Menurut situs ini, Amerika juga harus menjual sistem pertahanannya kepada negara-negara anggota koalisi, agar kemampuan pertahanan mereka sejajar dengan Israel.

Jika pernyataan Mattis dan statemen para petinggi Rezim Zionis dalam beberapa tahun terakhir ini disejajarkan, ini akan menunjukkan kerjasama regional Israel dengan negara-negara NATO Timteng. (af/alalam/farsnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL