Presiden AS, Donald Trump, saat berpidato seputar perjanjian kesepakatan nuklir Iran di Gedung Putih pada Jum’at (13/10).

Tehran,LiputanIslam.com—Otoritas Israel dan Arab Saudi menyambut baik keputusan terbaru Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk tidak menyetujui kesepakatan nuklir Iran. Pada Jum’at malam (13/10), Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu memuji keputusan Trump atas Iran sebagai “keputusan yang berani”.

“Trump telah berhasil menciptakan kesempatan untuk mengatur ulang kesepakatan nuklir dan menghadapi Iran dengan gagah berani,” ucap ketua Partai Likut dalam sebuah video yang dipublikasikan melalui halaman face book.

Menteri intelijen Israel, Yisrael Kats, juga menyebutkan bahwak retorika anti-Iran yang dikeluarkan oleh Trump merupakan hal penting yang dapat berujung pada konfrontasi militer antar kedua pihak. Apalagi, ucapan tersebut mendapatkan respon dari Tehran.

“Saya yakin iya. Menurut saya, pidato tersebut sangatlah penting. Iran adalah Korea Utara Baru,” tutur Katz kepada jaringan televise Israel, saat ditanyai pendapatnya seputar kemungkinan terjadinya perang antara AS dan Iran.

Di saat yang sama, kantor berita resmi Saudi (SPA) melaporkan bahwa Riyadh mendukung strategi yang dilakukan oleh Trump atas Iran.

“Kerajaan mendukung dan menyambut baik strategi dan kebijakan yang diumumkan oleh Presiden AS, Donald Trump,” ungkap SPA dalam laporannya.

Beberapa waktu lalu, Trump mengumumkan sikap permusuhannya terhadap Iran melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh AS. Ia menuduh Republik Islam Iran telah lalai atas kewajibannya yang tertera dalam kesepakatan nuklir internasional.

Presiden AS tersebut mengatakan bahwa dirinya akan memerintahkan Departemen Keuangan untuk menetapkan sanksi baru terhadap Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) serta tidak dapat membenarkan tindakan yang diambil Iran berdasarkan kesepakatan nuklir.

Hingga kini, Gedung Putih bersikeras agar perundingan baru dengan Iran terkait hal ini segera dilakukan. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL