Deir Ezzor,LiputanIslam.com—Setelah sekian lama, akhirnya Israel mengakui bahwa militernya telah menghancurkan fasilitas nuklir Suriah yang sedang memasuki tahap akhir pembangunan. Pengakuan ini disampaikan oleh Pasukan Pertahanan Israel pada Rabu (21/3), bahwa meledaknya fasilitas nuklir Suriah pada tahun 2007 lalu adalah karena ulah militer Israel.

“Pada malam hari, tepatnya tanggal lima dan enam September 2007, Angkatan Udara Israel telah meledakkan fasilitas nuklir Suriah yang sedang memasuki tahapan akhir pembangunan di Provinsi Deir Ezzor, 280 mil dari Damaskus. Empat jet tempur tipe F-16 telah melenyapkan sebuah fasilitas nuklir, karena dianggap mengancam Israel dan negara-negara lainnya,” ucapnya.

AMN melaporkan bahwa Direktorat Intelijen Militer Israel telah memantau proyek nuklir Suriah selama dua tahun sebelum serangan itu dilakukan. Rencananya, fasilitas nuklir tersebut seharusnya telah bisa beroperasi pada akhir 2007.

Sumber militer Israel itu menyampaikan bahwa operasi penghancuran fasilitas nuklir Suriah ini berlangsung selama empat jam.

Hancurnya fasilitas nuklir Suriah ini terjadi beberapa tahun sebelum ISIS berhasil menguasai sebagian wilayah Deir Ezzor. (fd/AMD)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL