AS,LiputanIslam.com—Para pejabat intelijen AS mengatakan bahwa ISIS dan kelompok teroris lainnya telah menemukan cara untuk menyembunyikan bom berdaya ledak tinggi dalam perangkat listrik seperti laptop.

Teroris juga telah mencuri perangkat pendeteksi bandara untuk mempelajari cara agar bisa menyembunyikan bom tersebut.

CNN melaporkan bahwa hal ini dilakukan agar mereka (ISIS) dapat meletakkan bom pada penerbangan komersial tanpa harus terdeksi oleh petugas bandara.

Laporan ini muncul beberapa minggu setelah beberapa maskapai penerbangan dari luar Amerika Serikat dilarang untuk meletakkan laptop dan alat elektronik lainnya di bagasi pesawat.

Al-Qaeda dan afiliasinya telah lama mencari cara untuk membuat bom yang mengandung sedikit logam atau bahkan tidak mengandung logam sama sekali, agar terhindar dari pemeriksaan oleh petugas keamanan.

Satu bom telah meledak pada Februari 2016 di sebuah pesawat penumpang Somalia dan menyebabkan lubang besar pada sisi pesawat. Untungnya, pesawat bisa mendarat dengan aman.

“Fenomena ini menunjukkan kepada kita bahwa kelompok teroris terus menargetkan penerbangan komersial. Mereka terus berupaya mengembangkan serangan agar berhasil menyelundupkan bahan peledak,” kara juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer. (fd/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL