Kabul,LiputanIslam.com-Kelompok teroris ISIS memulai penyerangan besar-besaran untuk menguasai daerah Darzab, utara Afghanistan yang berbatasan dengan Turkamenistan, Senin (19/6).

Situs Afghanistan, Ariana News, mengutip laporan dari seorang pejabat setempat bahwa Darzab telah jatuh ke tangan ISIS. Daerah ini dikuasai kelompok teroris itu setelah dikepung selama dua hari.

Menurut laporan kantor berita Xinhua yang dinukil dari Baz Mohammad, bupati Darzab, para teroris yang berjumlah lebih dari 600 orang menggempur daerah ini secara tiba-tiba, Senin (19/6).

Mohammad mengatakan, ISIS akhirnya berhasil mengusai Darzab setelah pertempuran hebat yang menewaskan 8 polisi dan 13 anggota ISIS. Kelompok teroris ini juga diberitakan telah menduduki sedikitnya 8 jalur pengamanan.

Dalam beberapa tahun terakhir, provinsi Jowzjan yang daerah Darzab ada di daerah tersebut, menyaksikan bertambahnya volume aktifitas ISIS. Para pengamat sendiri telah memperingatkan potensi berkuasanya kaum radikal di daerah tersebut. Mereka juga memperingatkan kemungkinan kian memburuknya situasi keamanan di seluruh timur Afghanistan. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL