Kamp Yarmouk file fotoDamaskus, LiputanIslam.com – ISIS berhasil mengontrol sebagian besar wilayah Kamp Yarmouk, yang merupakan rumah bagi para pengungsi Palestina di Suriah. Menurut Palestine Liberation Organization (PLO), ISIS berhasil memukul mundur kelompok teroris lainnya.

“ISIS mulai menyerang posisi Jabhat Al Nusra dan mengontrol 60% kamp,” terang Kepala PLO Anwar Abdel Hadi, di Damaskus, seperti dilansir Press TV (13/4/2016).

Menurut Hadi, ada 3 warga sipil yang tewas, menjadi korban serangan dalam pertikaiaan antar kelompok teroris.

“Beberapa anggota Al Nusra bergabung dengan ISIS. Kelompok ISIS telah mengepung posisi Al Nusra dan memerintahkan mereka untuk segera meninggalkan kamp. Saat ini ada sekitar 6.000 warga sipil dan 3.000 anggota teroris yang menghuni kamp tersebut,” tambah dia.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Syrian Observatory for Human Rights, dan juga oleh media-media ISIS.

Awalnya, Kamp Yarmouk adalah rumah bagi ratusan ribu pengungsi Palestina. Namun setelah pemberontakan yang meletus pada tahun 2011, kawasan ini menjadi ‘rumah hantu’, tempat berlangsungnya bentrokan tanpa henti dari berbagai kelompok teroris. Suasananya sangat mencekam, apalagi masih ada penduduk sipil setempat yang dijadikan tameng hidup.

Meski kelompok teroris tetap menggila, namun pasukan Suriah, yang dibantu sekutu-sekutunya yaitu Hizbullah, Iran, dan Rusia, telah berhasil membebaskan berbagai wilayah melalui operasi militer. Salah satunya adalah kota kuno Palmyra, yang berhasil direbut dari tangan ISIS pada Maret lalu. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL