Iran,LiputanIslam.com—Iran telah mengumumkan sanksi pembalasan atas 15 perusahaan Amerika karena dukungan mereka atas kejahatan Israel dan terorisme. Pengumuman tersebut dipublikasikan dua hari setelah Washington memberlakukan larangan pada hampir selusin perusahaan asing atau individu untuk membantu Republik Islam.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan ini secara langsung atau tidak langsung telah berkolaborasi dengan rezim Israel dalam melakukan kejahatan biadab di Palestina. Perusahaan-perusahaan tersebut dinyatakan telah memberikan kontribusi terhadap perluasan pemukiman ilegal Israel di Palestina.

Oleh karena itu, setiap transaksi bisnis dengan perusahaan-perusahaan ini dilarang, aset mereka harus tunduk pada pembekuan, dan tidak ada visa yang akan dikeluarkan untuk siapapun yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Kementerian itu juga menyampaikan larangan sepihak Washington yang dikenakan pada Teheran “di bawah dalih palsu,” mencela kebijakan tersebut sebagai bentuk pelanggaran atas Hukum internasional, serta perjanjian 2015 tentang kesepakatan nuklir, yang dikenal sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

Pada hari Jumat, Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa Washington telah memberikan sanksi atas 30 perusahaan asing atau individu yang telah mentransfer teknologi sensitif terhadap Iran untuk program pengembangan rudalnya dan melanggar aturan ekspor pada Iran, Korea Utara, dan Suriah.

Kementerian Luar Negeri Iran melanjutkan bahwa Iran telah menekankan tekad untuk mengembangkan tenaga rudal damai untuk meningkatkan pencegahan dan pertahanan dalam menghadapi berbagai ancaman.

Sanksi AS tersebut ditujukan pada 11 perusahaan dan perorangan dari Cina, Korea Utara, dan Uni Emirat Arab karena mentransfer teknologi ke Iran yang diklaim bisa meningkatkan program rudal balistik negara itu.

Berikut adalah daftar perusahaan-perusahaan AS yang terkena sanksi:

Beni Tal security company . Perusahaan yang telah berkolaborasi dengan militer Israel dalam melakukan penindasan terhadap rakyat Palestina.

United Technologies. Merupakan perusahaan yang telah menjual  helikopter militer Black Hawk kepada rezim Israel yang telah digunakan untuk membom wilayah pendudukan dan kamp-kamp pengungsi Palestina.

Raytheon. Merupakan perusahaan yang telah memasok senjata militer bertekhnologi maju ke Israel untuk digunakan terhadap rakyat Palestina selama perang Gaza.

ITT Corporation. Perusahaan ini telah menyediakan peralatan yang digunakan oleh militer Israel untuk melakukan serangan malam di desa-desa Palestina dan kamp-kamp pengungsi.

Re / Max. Perusahaan ini telah terlibat dalam transaksi real estate ilegal di pemukiman Israel di wilayah yang diduduki Palestina.

Oshkosh Corporation. Perusahaan ini  telah memasok suku cadang untuk kendaraan lapis baja pada militer Israel yang digunakan untuk menahan penduduk Palestina.

Magnum Research Inc. Perusahaan ini telah berkolaborasi dengan industri militer Israel dalam pembuatan senjata api dan peralatan militer.

Kahr Arms. Perusahaan ini telah menyediakan suku cadang dan mengembangkan senjata ringan yang digunakan oleh tentara Israel bekerja sama dengan industri militer rezim.

M7 Aerospace LP. Perusahaan yang dibeli oleh anak perusahaan AS, Elbit Systems Israel, telah aktif dalam memproduksi dan pengembangan sistem radar dan rudal sistem Israel.

Military Armament Corporation.  Perusahaan ini memiliki layanan dan peralatan yang terkait dengan senjata polisi Israel.

 

Lewis Machine and Tool Company. Perusahaan ini telah menyediakan suku cadang dan jasa untuk industri senjata militer Israel.

Daniel Defense. Perusahaan ini telah memberikan senjata militer kepada Israel lengkap dengan suku cadang dan layanan untuk pembuatan senjata

Bushmaster Firearms International. Perusahaan ini telah memberikan senjata militer terhadap Israel lengkap dengan suku cadang dan layanan untuk pembuatan senjata.

O.F. Mossberg & Sons. Perusahaan ini telah memasok senjata kepada Israel, yang digunakan oleh militer dan polisi rezim dalam aksi penumpasan terhadap warga sipil Palestina.

H-S Precision, Inc. Perusahaan ini telah memberikan teknologi dan manufaktur senjata kepada rezim Israel.

Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan bahwa daftar ini bisa saja diperluas mencakup perusahaan-perusahaan lainnya.(fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL