Doha,LiputanIslam.com—Iran, Turki, dan Qatar akhirnya menandatangani perjanjiang kerjasama dagang yang bertujuan untuk mendukung Doha di saat negara itu tengah diblokade oleh aliansi pimpinan Arab Saudi.

Menteri Industri, tambang, dan bisnis Iran, Mohammad Shariatmadari Bersama dengan Menteri Ekonomi Turki, Nihat Zeybekci, dan Menteri Ekonomi Qatar, Ahmed bin Jassim al-Thani menandatangani perjanjian tersebut pada Senin (27/11).

Kebijakan ini akan memfasilitasi proses pengiriman barang-barang yang diperlukan oleh tiga negara, sekaligus mengatasi berbagai macam hambatan yang muncul akibat blokade yang ditujukan ke Qatar.

Shariatmadari menyampaikan bahwa Qatar bersemangat untuk menjalin hubungan dengan Republik Islam Iran dalam segala bidang, sebagai balasan atas blokade yang diberlakukan Arab Saudi kepada negara itu.

Juni lalu, Arab Saudi bersama dengan Mesir, Bahrain, dan UEA melakukan blokade atas Qatar dengan cara memutus hubungan perdagangan. Sikap ini didasarkan atas tuduhan bahwa Qatar telah mendukung terorisme, sebuah tuduhan yang tentu saja ditolak oleh Qatar.

Blokade Arab Saudi mensyaratkan beberapa tuntutan kepada Qatar, di antaranya adalah memutus hubungan dengan Iran. Sementara itu, Qatar menolak untuk memenuhi tuntutan tersebut dan mengatakan bahwa aliansi pimpinan Arab Saudi berusaha untuk mencampuri kedaulatan negaranya. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL