Tehran,LiputanIslam.com—Beberapa hari lalu, pengadilan AS di New York memutuskan bahwa pemerintah Iran harus membayar ganti rugi sebanyak lebih dari $6 milyar kepada korban serangan teror 9/11. Keputusan ini tetap dilayangkan kepada Iran, meski belum ada bukti yang kuat untuk membuktikan putusan tersebut.

Jubir Menlu Iran, Bahram Qassemi, mengatakan pada selasa (1/5) bahwa tuduhan ini hanyalah bagian dari permainan politik Amerika dan upaya penulisan ulang sejarah.

“Mereka yang merancang permainan ini sedang berusaha untuk melencengkan kebenaran dan menulis ulang sejarah sesuai dengan yang mereka inginkan,” ucap Qassemi.

Tuntutan kepada Iran datang setelah Amerika menyatakan diri untuk keluar dari perjanjian nuklir JCPOA yang memberikan izin untuk Iran mengembangkan program nuklirnya. Berbagai bentuk permusuhan Amerika kepada Iran, satu persatu, mulai ditampilkan secara terang-terangan. Pertama, Amerika sangat mendukung rakyat Iran yang mau menggulingkan pemerintah mereka. Kedua, Amerika menyatakan diri untuk keluar dari perjanjian nuklir JCPOA. Ketiga, Amerika menyalahkan Iran sebagai pelaku serangan teror 9/11, meski bukti-bukti untuk mendukung keputusan ini belum ada. Padahal, telah diketahui secara luas bahwa pelaku teror dan pembajakan pesawat dalam tragedi 9/11 itu adalah pelaku berkewarganegaraan Arab Saudi.

Mungkin saja, berbagai bentuk permusuhan yang ditunjukkan Amerika terhadap Iran ini ada kaitannya dengan rencana penggulingan pemerintah Iran oleh Amerika, seperti yang disampaikan oleh pengacara Trump sekaligus mantan wali kota New York, Rudy Giuliani. Giuliani sempat mengatakan pada Minggu (6/5) bahwa Trump ingin pemerintah Iran berganti dengan pemerintah baru.

Pertanyaan besarnya, mengapa Trump ingin mengganti pemerintah Iran?

Beberapa alasan yang mungkin adalah pertama, karena Iran  adalah negara yang getol melawan kesewenang-wenangan Amerika di Timur Tengah, termasuk intervensi militernya di Suriah dan beberapa negara Islam lainnya. Kedua, Iran adalah negara terus berjuang membela Palestina melawan rezim Israel yang didukung Amerika. Bahkan, Iran mengancam akan melenyapkan Israel dari muka bumi. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*