Moskow,LiputanIslam.com-Ali Akbar Salehi, ketua Badan Energi Atom Nasional Iran, menyatakan bahwa Teheran telah memiliki hubungan baik dengan Moskow sejak lama. Ia juga menyebut Rusia sebagai tetangga terbesar dan sekutu strategis Iran.

“Saya berpendapat bahwa Rusia pun memiliki pandangan serupa terhadap Iran,”kata Salehi dalam acara peringatan Hari Nasional Rusia di Moskow, Rabu (27/6).

Dia menilai, apa yang dilakukan Trump telah membuat dunia kebingungan, sehingga mendorong negara-negara untuk bersatu.

“Saya pikir, Trump telah melakukan suatu hal ‘baik,’ yaitu menyatukan dunia dan mengucilkan dirinya sendiri. Jika kita menyadari kondisi genting saat ini, kita bisa bekerjasama dan mewujudkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas dunia. Namun jika kita berbuat persis seperti perbuatan pemerintah AS, semua orang di dunia akan menderita,”tandas Salehi.

“Kami berharap, Rusia sebagai negara yang berperan penting di kancah internasional, mesti berusaha demi kepentingan masyarakat internasional. Demikian pula halnya dengan Tiongkok.

“Seminggu yang lalu, saya menghadiri pertemuan di Oslo. Saya menyadari bahwa masyarakat internasional dan Uni Eropa, sejauh pengetahuan saya, untuk pertama kalinya mengalami kebingungan sebagai sekutu strategis AS. Eropa tidak tahu apa yang mereka kerjakan dan berada dalam posisi dilematis.

“Jika Eropa menuruti kehendak AS, berarti mereka disetir AS. Jika hendak bersikap tegas, Eropa juga akan mengalami kesulitan. Seorang pejabat AS yang hadir di Oslo mengatakan kepada saya, bahwa berkat Trump, Eropa telah mengetahui titik-titik kelemahannya dan berusaha untuk memperbaikinya. Eropa sadar bahwa mereka sangat bergantung kepada AS dalam hal ekonomi dan politik,”lanjut Salehi.

Salehi mengatakan, menurut Pemimpin Revolusi Iran, Rusia adalah sebuah negara yang kuat, sementara Iran adalah negara independen. Menurutnya, ketika sebuah negara kuat bekerjasama dengan negara independen, mereka bisa membuat perubahan besar dan sanggung mengatasi segala tekanan. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*