Ali Akbar Salehi, Ketua Badan Energi Atom Iran (presstv)

Ali Akbar Salehi, Ketua Badan Energi Atom Iran (presstv)

Teheran,LiputanIslam.com-Ketua Badan Energi Atom Iran berkata, program energi nuklir Iran mendapat serangan cyber Amerika dan Israel tahun 2011. Namun itu justru membuat negeri mullah ini lebih siap menghadapi tindakan destruktif semacam ini.

“Serangan Stuxnet ke instalasi-instalasi nuklir Iran membuat Teheran mengenal cara menghadapi serangan semacam ini,”kata Ali Akbar Salehi.

“Badan Energi Atom bisa memamerkan sejumlah produk perusak dari Barat seperti virus Stuxnet ini. Contohnya, mereka memberi beberapa peralatan dan menaruh bahan peledak dalam peralatan itu. Setelah beberapa lama, ia akan meledak atau menyebabkan gangguan dalam kinerja peralatan itu sehingga merusak sistemnya,”tuturnya.

Salehi menegaskan bahwa Iran tidak langsung menggunakan tiap peralatan yang dibelinya. Mereka mengujinya terlebih dahulu sampai yakin peralatan itu aman digunakan.

Ia mengatakan,”Ketika Barat melakukan hal ini, mereka menyangka industri nuklir kami akan terhenti. Tapi mereka kecele.”

Menurut Salehi, Iran justru ‘berhutang budi’ kepada Barat. Sebab, sebelum kasus Stuxnet menyeruak, Iran tidak terlalu waspada akan kecurangan Barat.

“Tindakan mereka membuat kami memasuki sebuah bidang ilmu baru. Dengan menguji peralatan-peralatan dari mereka, pengetahuan kami kian bertambah,”jelasnya.

Ali Akbar Salehi menyebut serangan cyber terhadap instalasi nuklir merupakan ‘tindakan kriminal dalam barometer dan standar internasional.’ Ia menjelaskan bahwa Iran akan menuntut haknya terkait masalah ini.

“Laporan-laporan yang kami terima menyatakan, dalang serangan ini adalah Amerika dan Israel. Mereka sendiri juga telah mengakuinya,”demikian ia menambahkan.

Koran Washington Post pada Juni 2012 melaporkan, Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA), CIA, dan militer Israel saling bekerjasama melakukan serangan cyber ini terhadap Iran.(af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL