London,LiputanIslam.com-Seorang analis politik menilai, Republik Islam Iran saat ini sangat tangguh dalam menghadapi tekanan dan ancaman pihak asing. Ali Alizadeh bahkan menyatakan, Iran sekarang ini jauh lebih kuat dibanding sebelumnya.

Hal ini disampaikan Alizadeh dalam sebuah acara televisi di Inggris. Stasiun televisi Manoto (Aku dan Kamu) adalah kanal yang dikelola kelompok pendukung monarki dan penentang Republik Islam Iran. Manoto sendiri bermarkas di ibukota Inggris, London.

Saat ditanya tentang kondisi ekonomi Iran saat ini dan siapa dalang di baliknya, Alizadeh menjawab,”Tidak diragukan bahwa kondisi ekonomi sekarang amat buruk. Saya berkeyakinan, Iran menjadi target ‘terorisme ekonomi,’ seperti yang dialami AS pada 11 September 2001.”

“Setelah Iran menandatangani kesepakatan nuklir (JCPOA), siapa yang meminta AS melakukan serangan dan terorisme ekonomi kepada Teheran? Tak lain adalah Reza Pahlevi (putra Shah Pahlevi) dan stasiun televisi Anda ini,”lanjutnya.

“Stasiun televisi inilah yang menyulut kontroversi terkait mengalirnya air Khuzistan ke Irak. Anda telah merusak hubungan baik Iran-Irak.”

Ketika pembawa acara menyinggung soal korupsi di Iran, Alizadeh berkata, tindak korupsi ada di seluruh penjuru dunia.

“Di Inggris yang kita tempati saat ini, juga terdapat banyak korupsi. Tentu kita memiliki struktur pemerintahan rakyat di Iran, dan struktur ini bisa mengatasi masalah yang dihadapi saat ini,”tukasnya.

“Dalam kurun waktu 400 tahun terakhir, kita tak pernah memiliki kekuatan yang kita miliki saat ini. Di tahun 1941, tentara Reza Shah langsung rontok dalam 24 jam saat ada invasi Inggris dari selatan dan Soviet dari utara. Namun (Republik Islam)  Iran mampu bertahan selama 8 tahun (di Perang Teluk I) saat diserang seluruh dunia, termasuk Inggris. Bahkan Iran tak kehilangan tanahnya sejengkal pun.”

Alizadeh juga membela pernyataan pemimpin Iran, Ayatullah Ali Khamenei, terkait permusuhan AS terhadap Iran.

“Mana ada pemimpin yang dalam situasi saat ini sudi menerima syarat-syarat AS dan mengangkat tangannya? Kita diserang musuh dan teroris; kita harus melawan mereka. Apa yang dikatakan Tuan Khamenei sangat tepat,”tandasnya. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*